SNTIKI - UIN Suska Riau

SNTIKI

Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNTIKI) merupakan Seminar Nasional yang rutin diadakan setiap tahun oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau sebagai ajang untuk berbagi ilmu pengetahuan dan hasil penelitian di bidang Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Industri, Teknik Elektro dan Matematika. Seminar ini juga menyediakan platform dan sarana untuk kolaborasi bagi para peneliti dan praktisi dari kedua akademisi serta industri untuk memenuhi perkembangan terkini di bidang tersebut.

Pelaksanaan SNTIKI yang ke 14 tahun 2022 diadakan pada tanggal 26 Oktober 2022 secara Offline, dengan tema “Digital Transformation dalam Masa New Normal”. Paper yang dinyatakan diterima dan dipresentasikan akan diterbitkan pada prosiding, dan beberapa paper yang terpilih dan memenuhi kualitas tulisan yang bagus akan direkomendasikan pada jurnal-jurnal bereputasi nasional dan terakreditasi.

Digital Transformation dalam masa New Normal membahas cara pandang dan pola pikir para akademisi dan praktisi menyikapai perubahan-perubahan pola kebiasaan yang berlaku pada masyarakat dalam kehidupan sehari-hari melalui penelitian dan program pengabdian kepada masyarakat yang akan dipresentasikan pada seminar ini. Digital ekonomi, budaya, pendidikan, pekerjaan dan kebiasaan masyarakat di masa new normal akan menjadi pembahasan utama pada seminar ini yang akan disampaikan oleh narasumber yang kompeten dibidangnya dan sebagai pelaku dan pengambil kebijakan di pemerintahan.

Paper-paper yang terpilih sesuai dengan ketentuan dari jurnal mitra akan direkomendasikan publish di jurnal berikut ini :

  • Jurnal Optimasi Sistem Industri (sinta 2)
  • Jurnal Teknik Industri UMM (sinta 2)
  • Jurnal Matematika Murni dan Aplikasi (CAUCHY) (Sinta 2)
  • Jurnal Digital Zone (sinta 3)
  • Jurnal of Artificial Intelligence and Data Mining (sinta 3)
  • Jurnal TELKA (sinta 3)
  • Jurnal Komputer Terapan PCR (sinta 3)
  • Jurnal SITEKIN (sinta 4)
  • Jurnal CoreIT (sinta 4)
  • Jurnal Teknik Industri UIN Suska Riau (sinta 4)
  • Jurnal Rekayasa Manajemen dan Sistem Informasi (RMSI) (sinta 5)
  • Jurnal Surya Teknika (sinta 5)
  • Jurnal Publikasi Ilmiah Matematika (sinta 5)
  • Jurnal Sains Matematika dan Statistik (non-sinta)



Digital Transformation dalam Masa New Normal

Wabah pandemi virus Corona atau Covid-19 telah memberikan pengaruh begitu besar terhadap berbagai aktivitas kehidupan manusia saat ini. Mulai dari hubungan tatanan sosial yang mengharuskan setiap orang untuk menjaga jarak satu sama lain (social distance), penerapan protokol kesehatan secara ketat dalam berbagai aktivitas ekonomi dan sebagainya. Pencegahan penyebaran terus dilakukan pemerintah, baik dalam bentuk himbauan atau kampanye secara besar-besaran ataupun pembatasan aktivitas masyarakat berskala besar maupun mikro, telah memaksa setiap orang untuk dapat beradaptasi dalam kehidupan normal baru atau yang dikenal sebagai New Normal.

Penyebaran virus Covid-19 yang begitu dahsyat, turut pula mempengaruhi berbagai aktivitas dalam upaya menciptakan berbagai produk dan rekayasa melalui pengembangan riset dan inovasi dibidang Sains dan Teknologi. Meski berada dalam suasana mencekam dalam menghadapi Covid yang mewabah saat ini, aktivitas riset dan inovasi tetap tidak dapat dihentikan, demi memenuhi kebutuhan hidup dimasa mendatang. Seberat apapun tantangan yang akan dihadapi, ditengah berbagai ancaman yang menghantui para peneliti, upaya positif harus terus dilakukan dalam meraih peluang-peluang dalam melaksanakan tugas-tugas riset dan inovasi. Oleh karenanya strategi-strategi adaptif sangat diperlukan dalam upaya terus menghasilkan karya-karya riset dan inovasi yang perlu diimbangi dengan tuntutan-tuntutan dalam kehidupan tatanan kehidupan New Normal saat ini.

Ekonomi Digital adalah seluruh kegiatan ekonomi yang menggunakan bantuan internet dan juga kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Ekonomi digital mampu membuat perubahan pada kegiatan ekonomi masyarakat dan bisnis, dari yang awalnya manual menjadi serba otomatis. Sehingga, setiap kegiatan sehari-hari dan bisnis bisa dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

Pada Tahun 2022 ini, Fakultas Sains dan Teknologi kembali menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) Ke-14. SNTIKI merupakan ajang bertemu, bertukarpikiran dan sharing informasi diantara para peneliti nasional di berbagai bidang Sains dan Teknologi, seperti halnya Teknologi dan Sistem Informasi, Komunikasi, Industri, Elektro ataupun bidang sains lainnya seperti Matematika, Fisika dan Kimia. Seiring dengan kondisi dan perkembangan terkini.


Hit Counter : Visitor


Tanggal Penting


Kegiatan

Tanggal

Batas akhir Pengumpulan Paper

12 Agustus 2022

Batas akhir Pengumpulan Poster

12 Agustus 2022

Batas akhir Pengumpulan Karya Inovasi

12 Agustus 2022

Pengumuman Paper, Poster dan Karya Inovasi Diterima

09 September 2022

Batas Akhir Early Bird

16 September 2022

Batas Akhir Registrasi Reguler

30 September 2022

Presentasi dan Pengumuman Pemenang

26 Oktober 2022

COUNTDOWN SNTIKI 14

Jangan lewatkan Kesempatan Ini
Daftar Sekarang!

Call For Paper Lomba Poster Lomba Karya Inovasi

SNTIKI

Fakultas Sains dan Teknologi
Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Kampus Raja Ali Haji
Jl. HR. Soebrantas Km.15 Panam, Pekanbaru PO BOX 1004.

Email: sntiki@uin-suska.ac.id

Technical Contact


Kontak Mengenai Makalah:

Bekerjasama dengan